Rabu, 28 November 2012

Wisata Bahari Kabupaten Bangka Barat

Monday, 2 December 2012


Pulau kuning merupakan pulau yang terletak di timur pulau Sumatera ini memiliki hampir di tiap bagian pulau ini pantai yang indah, landai dan berpasir putih halus.













Kecuali daerah Tempilang, yang merupakan satu-satunya daerah yang memiliki pantai berpasir kuning. Hal ini merupakan keunikan tersendiri bagi daerah ini. Pantai Pasir Kuning terletak di Desa Tempilang Kabupaten Bangka Barat kurang lebih 70 KM dari Kota Pangkalpinang. Pasirnya yang berwarna kuning keemasan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Dengan pemandangan bebatuan yang indah terletak disudut pantai, kita dapat menikmati panorama alam yang indah. Ada tradisi unik masyarakat pantai tersebut, setiap menjelang bulan Ramadhan, pantai Pasir Kuning banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri untuk menyaksikan ritual adat Pesta Rakyat Perang Ketupat. Perang Ketupat merupakan salah satu ritual upacara masyarakat pantai pasir Kuning. Upacara ini dimaksudkan untuk memberi makan makhluk halus yang dipercaya bertempat tinggal didaratan. Pantainya yang landai dan ombaknya yang tenang menjadikan Pasir Kuning tempat yang menarik untuk menjadi salah satu tempat kumpul keluarga. Tempat wisata ini berjarak lebih kurang 108 km dari kota Muntok.

--------------------------------------

Objek Wisata Pantai Tanjung Kalian merupakan kawasan wisata yang berdampingan dengan pantai
Mentiba.

 

Pantai ini terletak kurang lebih sekitar 9 km dari Kota Muntok, disini terdapat menara atau mercusuar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1862. Mercusuar ini tegak menjulang kokoh dan memiliki 117 tangga batu yang berbentuk melingkar didalam menara.dari dalam kita bisa melihat ketinggian kita, dengan menyaksikan pohon-pohon kelapa yang jauh dibawah. Di pantai Tanjung Kalian juga terlihat sisa bangkai kapal bekas Perang Dunia II.


 

Pengunjung bisa mandi, berenang serta bermain air laut dan pasir di sepanjang pantai yang cukup bersih.

---------------------------------------

Objek Wisata Pantai Mentiba merupakan objek wisata pantai yang berada di kabupaten Bangka Barat tepatnya berada di Desa Pangek Kecamatan Simpang Teritip.

 

Pantai mentiba ini sangatlah pas untuk wisata keluarga apalagi bila di akhir pekan, karena pada bulan-bulan tertentu kita bisa menjala ikan di pinggir pantai Mentiba ini sambil menikmati keindahan air lautnya yang berwarna biru . Pada hari-hari libur, pantai ini ramai sekali dikunjungi oleh orang yang mempunyai hobi memancing dan menjala ikan maupun cuma untuk refresing dari kehidupan kota. Lokasi pantai Mentiba dapat ditempuh dengan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.di karenakan akses jalan yang sudah memadai.

-----------------------------------------

Objek wisata Pantai Jebu Laut merupakan Pantai yang mempunyai daya tarik tersendiri dibandingkan pantai-pantai yang lain.

  

Selain air lautnya yang berwarna biru, pantai ini diperindah dengan deretan batu-batu karang dengan ukuran yang cukup besar tersusun secara alami.Objek wisata Pantai Jebu Laut berada di Desa Jebu Laut, Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.Objek wisata Pantai Jebu Laut sangat cocok untuk liburan akhir pekan bersama keluarga,disamping karena Objek wisata Pantai Jebu Laut masih sangat asri dengan pemandangan yang sangat indah,serta yang menarik lagi dari Objek wisata Pantai Jebu Laut adalah penduduk yang tinggal di sepanjang pantai jebu laut merupakan penduduk asli yaitu penduduk suku sekak.

--------------------------------------

Danau Sekar Biru ini berada di sekitar Taman Salim Perumnas Desa Sekar Biru Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat.

  

Beberapa tahun terakhir sekitar danau ini diadakan perlombaan diantaranya Motorcross. Tempat ini memang sangat indah dan menarik dijadikan tempat wisata. Namun danau ini berwarna biru, jadi agak aneh tapi bukan karena legenda apa-apa, hanya peristiwa alam, mungkin pantulan sinar matahari ke dasar kolong yang berdinding tanah kaolin (tanah liat galian timah). Namun walau bagaimana Sekar Biru amat menarik dijadikan objek wisata Bangka Barat. Sekar Biru berasal dari danau yang berwarna biru. Danau tersebut terjadi karena Tambang Timah UPTB. Danau tersebut ternata agak unik karena airnya berwarna biru lain daripada danau yang lain yang berada di sekitar tempat tersebut tapi bila diambil airnya menjadi warnanya bening.

------------------------------------------

Pantai Tanjung Ular berada kurang lebih sekitar 15 km dari kota muntok kabupaten Bangka Barat,jalannya yang berliku-liku sepanjang 5 km untuk menuju objek wisata Pantai tanjung ular bagaikan seekor ular.

 

untuk saat ini di objek wisata pantai tanjung ular masih belum tersedia fasilitas seperti toilet, dan lain-lain, semua pengunjung membawa sendiri semua kebutuhan mereka. Untuk masa yang akan datang pantai tanjung ular ini sangat potensial untuk di kembangkan menjadi wisata pantai, dan juga akses jalan menuju ke kawasan pantai tanjung ular sudah ada dan serta sudah cukup lebar, meskipun belum di aspal.



tinggal melihat keseriusan dari pihak pemerintah daerah untuk mengembangkan objek wisata tersebut, objek wisata Pantai Tanjung ular sangat cocok untuk wisata akhir pekan bersama keluarga.

--------------------------------------

0 komentar:

Posting Komentar